Sepuluh Video C…

Sungha Jung (TEMPO)

Menjadi sensasi YouTube tidak harus punya modal suara seperti Justin Bieber atau lagu catchy seperti Psy. Cukup dengan memamerkan kemampuan memetik gitar dan menginterpretasi lagu-lagu hit, Jung Sungha berhasil melakukannya sejak usia 11 tahun.

Dengan kamera sederhana, gitaris kelahiran Cheonju 2 September 1996 ini memainkan lagu-lagu artis lain – internasional hingga Korea Selatan, negara asalnya. Video pertama yang diunggah 9 September 2006 adalah “Splash” dari penyanyi Jepang Kotaro Oshio. Video ini direkam sendiri oleh sang ayah.

Tak disangka, video-video ini mengundang banyak peminat. Sebagai anak yang baru berusia 11 tahun namun sudah mampu menampilkan teknik memetik gitar, Jung Sungha berhasil membuat video-video sederhananya yang kebanyakan direkam di kamar tidur dan ruang tamu ini ditonton banyak orang.

Interpretasi gitaris dengan gaya fingerstyle (teknik bermain gitar dengan memukul, membetot dan memetik senar gitar dengan jari tanpa bantuan pick gitar) ini mengundang perhatian sejumlah selebritas internasional. Bahkan beberapa mengajaknya konser bareng dan berkolaborasi.

Yoko Ono, istri mendiang John Lennon, sempat mengomentari video Jung Sungha membawakan lagu The Beatles “All You Need Is Love.” Narsha dari Brown Eyed Girls mengajaknya berkolaborasi di lagunya “I’m In Love.” Sungha juga sempat naik ke atas panggung konser G-Dragon dan mengiringi ketua Big Bang tersebut melantunkan “That XX.” Sementara 2NE1 mengajak Sungha merekam versi akustik “Lonely” dan “I Love You.”

Di kancah internasional, musisi seperti Trace Bundy dan Tommy Emmanuel mengajak gitaris muda pengguna gitar produksi Jerman Lakewood ini dalam rangkaian tur mereka di luar Korea seperti di Skandinavia, Jepang dan Australia. Begitu juga Jason Mraz yang pernah memuji progresi kord  Sungha yang ia nilai tidak gampang. Saking kagumnya Jason Mraz, ia menggamit gitaris muda ini di konsernya di Seoul.

Hingga ini, menurut Wikipedia, koleksi video Jung Sungha di kanal jwcfree sudah ditonton hingga 687 juta kali dan memiliki sekitar 2,2 juta pelanggan. Video yang ditonton paling banyak (hampir 40 juta kali) adalah video saat ia memainkan lagu tema film “Pirates of the Caribean.”

Berikut adalah video-video terpopuler yang menampilkan permainan terbaik Jung Sungha dalam menerjemahkan musik-musik kesukaannya.

1. Pirates of the Caribean
Video ini kini telah ditonton hingga 40 juta kali sejak di-upload 5 tahun yang lalu, dua tahun setelah ayah Sungha secara konsisten mengunggah video-video permainannya. Kelincahan jarinya dalam menjangkau senar untuk menciptakan kord lagu memang sangat memukau di dalam video berdurasi kurang dari dua menit ini.

Sumber: YouTube jwcfree

2. All You Need is Love
Video inilah yang mengundang minat istri mendiang John Lennon, Yoko Ono, hingga ia memuji permainan Sungha. Video ini diunggah 5 tahun yang lalu dan kini sudah ditonton 4 juta kali.

Sumber: YouTube jwcfree

3. Billie Jean
Video mengundang decak kagum karena membuktikan kejeniusan Jung Sungha sebagai gitaris sejak kecil. Kepiawaiannya menjaga groove lagu yang termasuk bertempo cepat (karena “Billie Jean” adalah lagu dance) dan mengawinkan aransemen permainan gitar rhythm dan melodi yang biasanya menjadi tugas dua gitaris dalam band sangatlah mengagumkan. Melihat jari-jarinya meliuk di leher gitar pun menjadi satu daya tarik sendiri.

Sumber: YouTube jwcfree

4. My Heart Will Go On
Video Sungha yang menampilkan salah satu lagu klasik Celine Dion ini telah ditonton 21 juta kali dan menjadi video populer ketiga Sungha. Lagu bertempo pelan ini memamerkan kalau emosinya mulai digunakan untuk mempertajam ciri khas gaya permainan gitarnya.

Sumber: YouTube jwcfree

5. More Than Words
Video ini telah ditonton hingga 14 juta kali. Yang membuat video ini menarik ditonton adalah satu menit di bagian akhir lagu yang menampilkan keseluruhan jarinya meliuk-liuk di leher gitar sebagai bagian dari improvisasi lagu.

Sumber: YouTube jwcfree

6. I’m Yours
Video ini menampilkan Sungha yang sudah lebih dewasa, di mana ia lebih berani menampilkan emosi dalam permainannya, tidak lagi semata-mata memainkan semua kord lagu dengan baik dan benar. Video inilah yang menarik Jason Mraz dan berujung Sungha tampil sepanggung dengannya. Video versi “I’m Yours” berduet dengan Jason Mraz dengan format akustik di sebuah kafe dan di konser Jason Mraz di Seoul pun bisa dinikmati di kanal Jung Sungha.

Sumber: YouTube jwcfree

7. Canon Rock
Satu-satunya video yang menampilkan Jung Sungha bermain gitar elektrik diiringi dengan minus one musik lengkap. Sebelum video ini direkam, penggemar Big Bang dan 2NE1 ini sering mengunggah permainannya dengan gitar akustik. Berkat video inilah ia dilirik oleh Trace Bundy dan diajak tur keliling Jepang dan Skandinavia bersama.

Sumber: YouTube jwcfree


8. Payphone

Sesuai dengan usianya, pemilihan lagu-lagu yang di-cover pun biasanya adalah lagu-lagu tren dan yang sedang jadi favorit banyak orang. Salah satunya adalah hit dari Maroon 5 ini. Video ini menampilkan kelihaian dan permainan gitar yang matang dari Sungha.

Sumber: YouTube jwcfree

9. Someone Like You
Salah satu lagu populer yang coba diterjemahkan oleh Sungha. Hanya dalam satu tahun, video ini ditonton hingga 14 juta orang.

Sumber: YouTube jwcfree

10. A Thousand Years
Yang menyenangkan dari menyaksikan video ini adalah kecanggihan Sungha menjaga tempo lagu sehingga ketukan tidak meleset dari aransemen lagu yang sebenarnya. Untuk itu diperlukan tidak hanya penghafalan kord di luar kepala, tetapi juga keterampilan memasukkan emosi dalam permainan gitar. Sungha bisa dibilang sukses menjaga emosinya sehingga lagu Christina Perry versi akustik ini mengalun manis dan romantis.

Sumber: YouTube jwcfree

Cr: Yahoo.Com

Leave a comment